Pages

Tuesday, December 5, 2017

Lagu Dolanan Tradisional Jawa: "PADHANG BULAN"


Kalian pasti tahu apa itu Padang Bulan atau Padhang Bulan. Yup, Padhang Bulan adalah suatu kondisi dimana Bulan bersinar terang, bisa saat bulan dalam kondisi Full Moon(Bulan bulat penuh/Bulan Purnama) ataupun hampir bulat. Padhang dalam Bahasa Jawa berarti terang, ada cahaya atau tidak gelap, bukan Padang salah satu daerah di Indonesia atau Ibukotanya Sumatera Barat loh, hehe. Sedangkan Bulan sendiri dalam Bahasa Jawa berarti Bulan(Satelitnya Bumi). Cara membaca Bulan-nya seperti ada imbuhan "m" di depan kata Bulan menjadi mbulan (seperti kata Bantul yang dibaca mbantul)

Ngomong-omong soal Padhang Bulan, pasti kalian juga ingat kalau itu ada lagunya. Lagunya juga berjudul sama, yaitu "Padhang Bulan". Lagu tersebut adalah lagu Tradisional Jawa. Lagu ini sangat dikenal baik di daerah DIY dan Jateng. Lagu ini juga bisa dibilang Lagu Dolanan, karena biasa digunakan untuk mengiringi permainan Tradisional.

Lagu Padhang Bulan diciptakan oleh bapak R.C. Hardjasoebrata . Raden Cajetanus Hardjasoebrata adalah salah seorang komposer Karawitan Jawa pada era 1950 sampai 1970. Beliau lahir pada 1 Maret 1905, di Sentolo, Kulonprogo, DIY, dikenal sebagai guru, ahli seni tembang dan seni karawitan di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Selain dinyanyikan saat Bulan Purnama, lagu Padhang Bulan juga bisa dinyanyikan ketika malam hari saat "Giliran". Karena disaat giliran di malam hari kita sama sekali tak ada penerangan lampu jadi cahaya Bulan begitu terasa terangnya, hehehee... :D Masih ingat liriknya kan? Yuk kita nyanyikan sama-sama lagunya ^_^

Berikut ini adalah lirik Lagu Padhang Bulan:

*Yo prakanca dolanan ning njaba.
Padhang Bulan, padhange kaya rina.
Rembulane... ne sing ngawe-awe.
Ngelingake aja padha turu sore.

**Yo prakanca dha padha mrenea.
Bareng-bareng dolanan suka-suka.
Langite padhang, sumebar lintang.
Yo padha dolanan sinambi Cangkriman.

(diulangi terus * dan **)

Arti liriknya dalam bahasa indonesia kira-kira seperti ini:

Ayo teman-teman bermain diluar.
Bulan yang terang, terangnya seperti siang.
Bulannya... nya yang melambai-lambai.
Mengingatkan kita jangan tidur sore.

Ayo teman-teman kalian kemari.
Bersama-sama bermain bersenang-senang.
Langitnya terang, bertebar bintang.
Ayo kita bermain sambil Tebak-tebakan.


Nah sekarang udah ingat kan. Asik kan lagunya? Jadi ingat masa lalu atau masa kecil kita dulu. Yang jauh dari listrik atau tidak terlalu tergantung dengan listrik. Kalau kalian ada kenangan khusus nggak dengan lagu ini? Kalau dijaman saya masih kecil dulu kalau Padhang Bulan seperti ini kami manfaatkan untuk bener-bener bermain diluar. Memainkan permainan-permainan tradisional seperti Dhelikan(Petak Umpet), Jamuran, Dingklik Oglak-Aglik, Ancak-Ancak Alis, dan lain sebagainya.  Yuk ceritain di kolom komentar :)

No comments:
Write comments

Recommended Posts × +