Pages

Wednesday, January 31, 2018

SAK UDUTAN: Bincang Bersama Musisi "THRASH METAL" @Rock Age


Sak Udutan: Bincang Bersama Musisi. Sak Udutan adalah istilah dalam Bahasa Jawa yang jika kita artikan kedalam Bahasa Indonesia berarti Satu Rokok atau Sekali Merokok. Jadi Sak Udutan: Bincang Bersama Musisi bisa dibilang sebuah obrolan santai dan singkat(seperti halnya kalau orang udud/merokok) bersama musisi yang akan membahas tentang suatu jenis musik tertentu. Dan kali ini yang akan dibahas adalah Musik THRASH METAL.

Acara Sak Udutan: Bincang Bersama Musisi "Thrash Metal" kali ini di Rock Age cafe yang berada di





Bicara soal musik Heavy Metal, sub genre yang ada begitu banyak. Mulai dari Power Metal, Neo Classical Metal, Thrash Metal, Folk Metal, Symphonic Metal, Speed Metal, Death Metal, Black Metal dan lain lain. Namun ada satu genre yang menarik untuk kita perbincangkan lebih lanjut, yaitu Thrash Metal. Saat berbincang-bincang dengan ketiga Narasumber beserta sang Moderator, Thrash itu jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia bisa berarti menggasak, pukulan, pukulan yang sangat keras atau juga bisa jadi pukulan berulang kali. Yeah, mungkin kalau kita ibaratkan musiknya seperti itu ya bro, saking cadasnya jenis musik satu ini. Seperti yang di katakan oleh Narasumber kita, musik ini lahir di awal era 1980. Dan berdasarkan Wiki musik Thrash Metal itu sendiri lahir dari gabungan Double Bass Drumming dari musik Hardcore Punk dengan permainan gitar yang kompleks dari  New Wave of British Heavy Metal(NWOBHM). Dan beberapa band NWOBHM yang sangat berpengaruh antara lain seperti Iron Maiden, Judas Priest dan Motorhead. Lirik dari musik Thrash Metal ini biasanya berisi tentang isu atau Kritik Sosial. Di Benua Amerika kita pasti tidak asing dengan istilah THE BIG FOUR. Mereka adalah 4 band yang sangat berpengaruh dalam jagat musik Thrash Metal. Dan mereka adalah Metallica, Megadeth, Anthrax dan Slayer. Sedang di benua Eropa beberapa band yang begitu berpengaruh dalam dunia Thrash Metal antara lain  Kreator, Sodom, dan Destruction. Berdasarkan pemaparan Narasumber, ada perbedaan antara Thrash Metal di benua Amerika dengan benua Eropa. Menurut para Narasumber, Eropa slalu punya warna tersendiri dengan nuansa musiknya, mungkin kultur budaya mereka juga yang berpengaruh dengan musik ala Eropa. Adapun band-band Thrash Metal yang musiknya menarik untuk kita dengarkan, seperti Sepultura, Exodus, Pantera, Testament, dan Overkill.





Oiya, ada beberapa hal yang memacu saya untuk menghadiri acara ini. Selain saya pecinta musik Rock dan Metal. Genre Thrash Metal ini adalah satu dari 3 Genre Metal favorit saya(Thrash Metal, Neo Classical Metal dan Power Metal). Selain itu saya sangat tertarik dengan band Thrash Metal asal Jogja "Metallic Ass". Mereka Beranggotakan Denizon(Bass+Vocal), Denny(Lead Guitar) dan Bable(Drum). Tak hanya karena lagunya bagus, dan performanya sangar tetapi juga karena lirik-lirik dari lagu Metallic Ass itu lucu, tapi terkadang hal itu memang terjadi dalam Kehidupan kita sehari-hari. Mereka tampil di akhir sesi dengan menyuguhkan 6 Lagu. Di lagu pertama mereka memainkan lagu Distorsi Menendang Bokong yang disusul lagu Thrash Metal 1983 yang menjadi nama album pertama mereka. Di lagu ketiga mereka memainkan lagu Cintaku Dibawa Lari Motor India yang kemudian dimainkannya lagu baru mereka. Penasaran kan apa lagu baru mereka. Yup, mereka kemarin sudah janji bakal memainkan New Single mereka yang berjudul " KEDAULATAN METAL". Hehehe.., mirip sama koran yang itu yach :D Weits, jangan dilihat dari judulnya saja. Musiknya gak kalah keren loh. Perform mereka pun tak kalah menarik, di akhir lagu baru tersebut sang vokalis sempat melakukan atraksi memukul dan menginjak Bass nya. Di lagu kelima inilah yang sebenarnya yang ditunggu-tunggu. Yeahhh, A$*! Parkirnya Sepuluh Ribu! merupakan lagu mereka yang paling hits yang begitu populer di telinga kami. Di lagu ini beberapa penonton ikut maju ber-HEADBANG ria dan Sing Along sepanjang lagu ini. Mungkin kalau boleh saya bilang, misal lokasinya lebih luas pasti saya yakin banyak penonton yang ikut headbang. Banyak dari teman-teman yang sebenarnya ingin headbang tapi takut karena keterbatasan tempat yang nantinya mungkin bisa bermasalah. Di penghujung acara, Metallic Ass berkolaborasi dengan ketiga Narasumber kita. Mereka memainkan lagu  milik Metallica. Yeah, it's 3 simple words! "SEEK AND DESTROY".


Meski hujan deras mengguyur hampir sebagian besar wilayah DIY, namun hal itu tak menyurutkan kami untuk hadir di acara kemarin. Terbukti, cukup banyak Metalhead yang hadir di acara itu, meski di tempat yang tak terlihat luas. Acara berlangsung cukup seru, dengan sisipan canda tawa di setiap obrolan bersama Moderator dan Narasumber. 




Berikut ini adalah video performance dari KIB dan Metallic Ass yang sempat kami abadikan:












Semoga event berikutnya lebih meriah dan lebih lancar dari yang kali ini. See you on the next Gig mas dab! \M/





*Sumber: Narasumber, Pribadi dan Wikipedia.
Photo by: Hery, Iman, Rock Age.
Video by: Hery & Taruna.

No comments:
Write comments

Recommended Posts × +