Pages

Saturday, May 26, 2018

EUROPE Live Concert at Boyolali dan 45 tahun God Bless


Siapa sih yang gak kenal lagu "THE FINAL COUNTDOWN" yang terkenal itu? Yup, band asal Swedia EUROPE yang terbentuk sejak tahun 1979 itu beberapa waktu lalu baru saja menggelar konsernya di Boyolali, tepatnya di Stadion Pandan Arang.

Saat ini Europe beranggotakan:
  • Joey Tempest (Vocal)
  • John Norum (Guitar)
  • John Levén (Bass)
  • Mic Michaeli (Keyboard)
  • Ian Haugland (Drum)
Konser kali ini bertajuk Walk The Earth World Tour 2017-2018, sebagai promosi Album mereka yang ke 11 yang mereka rilis pada 20 Oktober 2017. Album Walk The Earth ini berisikan 10 lagu, yaitu:
  1. Walk the Earth
  2. The Siege
  3. Kingdom United
  4. Pictures
  5. Election Day
  6. Wolves
  7. GTO
  8. Haze
  9. Whenever You're Ready
  10. Turn to Dust

Dalam Volcano Rock Festival 2018 ini tiket pre-sale mulai dijual OFFLINE mulai tanggal 4 Maret 2018 dan hanya dijual di Pendapa Alit Boyolali. Penjualan tiket presale dibuka pada pukul 10 pagi.  Untuk harga tiket Festival A Presale seharga Rp 100.000,00 dan regulernya Rp 150.000,00. Dan untuk Festival B harga presalenya adalah Rp 75.000,00 dengan harga regular sebesar Rp 100.000,00. Sedangkan untuk tiket VIP dan VVIP hanya dijual secara ONLINE di TIKETAPASAJA.COM.


Konser Europe kali ini terasa spesial, karena Band Pembukanya adalah Band Legend tanah air, yaitu GOD BLESS yang baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke 45. Tepatnya tanggal 5 Mei kemarin Band Rock, God Bless merayakan ulang tahunnya. Pada hari jumat, di Pertemuan Pers 11 Mei kemarin Europe bertemu dengan God Bless di Kompleks Kantor Bupati Boyolali. Bahkan sang vokalis Europe, Joey Tempest sangat antusias dengan band God Bless, mengenai musiknya. Perlu diketahui juga God Bless juga pernah menjadi band pembuka konser Deep Purple pada tahun 1975.


Di hari H pada sore hari, para penonton terlihat sudah memadati bagian luar Stadion. Terlihat para penonton mulai mengantri masuk, tak ingin ketinggalan dan kehilangan posisi terdepan untuk melihat band idola mereka. Antrian berjalan cukup tertib, walau jalanan sesak dan sangat padat di jalan depan Stadion tersebut, karena sampai menjelang jam 7 malam masih banyak penonton yang mengantri.













Tepat pukul 19.00 theng, tanpa ada waktu molor God Bless membuka penampilan mereka dengan Menjilat Matahari. Dan melanjutkan penampilan mereka dengan lagu hits Kehidupan. Tak hanya itu, mereka juga menampilkan tembang-tembang terbaik mereka seperti Kepada Perang, Cermin, Emosi, Musisi, Rumah Kita, Syair Kehidupan, Panggung Sandiwara, Bis Kota, Trauma. Dan yang terakhir Semut Hitam sepertinya sangat pas untuk menutup setiap live perform God Bless.


Berikut ini adalah sedikit hasil dokumentasi kami pada penampilan God Bless di konser EUROPE:

God Bless-Musisi:

God Bless-Rumah Kita:

God Bless-Syair Kehidupan:

God Bless-Panggung Sandiwara:

God Bless-Bis Kota:

God Bless-Trauma:

God Bless-Semut Hitam:

Berikut adalah foto closing God Bless dari IG mereka @godblessrocks :


Rehat sejenak setelah digeber lagu-lagu cadasnya God Bless, kru dengan sigap beres-beres serta mempersiapkan alat dan segala sesuatunya sebelum band Utama menggung. Selama kurang lebih satu jam para penonton menunggu dengan sabar. Selama menunggu para penonton disuguhi musik-musik cadas lawas yang membuat penonton enjoy dalam menanti.

Menjelang pukul 21.00, Lagu Wajib tanah air kita "INDONESIA RAYA" di putar dan para penonton pun dengan lantang menyanyikan Lagu Wajib tersebut.


Kemudian sebuah video pidato sambutan dari Bapak Bupati Boyolali Drs. H. Seno Samodro kepada para penonton diputarkan.


Tanpa menunggu lama sekitar pukul 21.00 EUROPE menyapa penonton dengan Hits lagu di album baru mereka yang berjudul sama yaitu Walk The Earth. Kemudian mereka memainkan lagu: The Siege, Rock The Night yang di medley dengan lagu Ain't Talkin' 'bout Love milik Van Halen, Scream Of Anger, Danger On The Track, Sign Of Time. Tak hanya itu sang Gitaris John Norum pun unjuk kebolehannya bermain Solo Guitar lewat lagu Instrumentalnya, Vasastan. Lalu dilanjut dengan lagu Open Your Heart. Vokalis Europe, Joey Tempest pun bebrapa kali menyapa penonton dengan bahasa Indonesia seperti: Kalian Keren, Apa Kabar, dan sebagainya.

Lagu War Of Kings, Heart Of Stone, Days Of Rock N Roll pun menyapa penonton. Europe kembali memainkan lagu mereka Superstitious yang di medley dengan lagu Here I Go Again milik White Snake. Kemudian mereka memainkan lagu Ready Or Not dan Hole in My Pocket. Dan setelah digeber dengan lagu-lagu cadas milik Europe, mereka memainkan lagu slow mereka "Carrie" yang begitu nge-hits di Indonesia.

Selain gitaris Europe yang unjuk gigi, Drummer Europe Ian Haugland pun tak mau kalah. Ian Haugland memainkan sebuah Solo Drum dari sebuah komposisi milik Gioachino Rossini yang berjudul William Tell Overture. Dan mengambil bagian Finale-nya yaitu March of the Swiss Soldiers. Finale-March of the Swiss Soldiers juga dikenal sebagai theme dari The Lone Ranger.

Europe kembali melanjutkan penampilannya dengan memainkan lagu  Stormwind, lalu kembali melakukan cooling down dengan membawakan lagu Slow nya Prisoners In Paradise. Lalu Europe kembali menghentak dengan lagu Cherokee. Dengan lampu-lampu yang padam dan hawa-hawa tenang sejenak, yap pasti kalian sudah bisa menebak lagu apa yang akan mereka mainkan. Yeahhh!!! IT'S THE FINAL COUNTDOWN...! \M/ Riuh penonton sangat terasa, para penonton melakukan sing along bersama-sama dengan band Europe. Overall Europe masih nge-RawWkkKKK. Joey Tempest suaranya masih mantap seperti dalam kaset, hehehe... John Norum juga masih memukau dengan Solo Guitarnya.

Berikut ini adalah LIST lagu yang dimainkan oleh Europe:

  1. Walk The Earth
  2. The Siege
  3. Rock The Night
  4. Scream Of Anger
  5. Danger On The Track
  6. Sign Of Time
  7. Vasastan
  8. Open Your Heart
  9. War Of Kings
  10. Heart Of Stone
  11. Days Of Rock N Roll
  12. Superstitious
  13. Ready Or Not
  14. Hole in My Pocket
  15. Carrie
  16. Drum Solo
  17. Stormwind
  18. Prisoners In Paradise
  19. Cherokee
  20. The Final Countdown


Dan Berikut ini adalah video Konser EUROPE dari hasil dokumentasi kami:

Walk The Earth:



The Siege:


Rock The Night:



Scream Of Anger:


Danger On The Track:


Sign Of Time:



Vasastan:


Open Your Heart:



War Of Kings:


Heart Of Stone:


Days Of Rock N Roll:


Superstitious:


Ready Or Not:


Hole in My Pocket:


Carrie:


Drum Solo:




Stormwind:



Prisoners In Paradise:



Cherokee:



The Final Countdown:




Dan berikut ini adalah foto-foto hasil dokumentasi teman-teman yang menonton konser Europe:













 


*Video by: Cah 90-an YK
*Photo credited to:  Cah 90-an YK , IG @jogjarockartafestival, IG @godblessrocks, dan teman-teman Rock Metal
*Special Thanks to: Komunitas Musik Rock Metal Indonesia, Helloween Indonesia, temen-temen Rock Metal dari Surabaya, dan temen-temen Rock Metal dari Jakarta.

SEE YOU NEXT TIME ON ANOTHER CONCERT \M/
Yeahhh!!!

No comments:
Write comments

Recommended Posts × +