Pages

Sunday, January 15, 2017

KO(L)BUTRI: Si Angkot Kuning Yang Terlupakan.



gambar asli jepretan saya sendiri



KOLBUTRI oh Kolbutri. Kau adalah angkot kuning yang terlupakan. Kendaraan yang khas dengan warna kuning yang nge-jrenk nya itu. Kolbutri? Ya, Kolbutri. Kok bukan Kobutri? Begitulah warga JOGJA menyebut kendaraan satu ini. Memang tulisannya Kobutri, tapi kami warga Jogja lebih akrab dengan nama Kolbutri. Di daerah lain mungkin menyebutnya sesuai nama yang tertera di kendaraan tersebut "KOBUTRI". Angkot(Angkutan Kota) satu ini cukup populer di era 90an. Salah satu angkot yang cukup terjangkau oleh rakyat menengah kebawah seperti saya ini, hehehe. Dulu sewaktu saya masih kecil angkot ini cukup banyak tersebar. Kalau untuk daerah saya dulu biasanya "nyegat" Kolbutri ini di Karangkajen/Pasar Telo. Oiya, warga Jogja punya istilah tersendiri jika naik kendaraan ini. Karena kami menyebutnya Kolbutri, jadi kalau neik kendaraan ini istilahnya adalah "Nge-Kol"(untuk diluar KOTA/Kotamadya istilah ngekol bisa berbeda makna dengan warga kota).

Kolbutri, dulu adalah salah satu kendaraan pengganti bus kota. Kalau kesan naik kendaraan ini ya gak beda jauh dengan naik bus kota yang pengap, panas, dan penuh bebunyian dari kendaraan itu sendiri. Namun tak menyurutkan mereka yang sudah krasan naik kendaraan tersebut. Setelah sekian tahun berlalu, semakin berkembangnya jaman, dan semakin banyaknya macam kendaraan sampai datangnya kehadiran Trans Jogja, keberadaan Kobutri ini semakin tersingkir. Entah sejak mulai kapan saya tidak melihat kendaraan ini untuk waktu yang cukup lama. Saking lamanya saya juga lupa dari tahun kapan . Dan setelah sekian tahun saya tidak melihat kendaraan ini, saya sangat tercengang ketika saya keluar dari Hartono Mall. Kenapa? Karena saya yang mengira kendaraan ini tlah punah dari peredarannya, ternyata menampakkan diri di sebelah luar Mall tersebut. Langsung saja saya sempatkan mengambil gambar jepretan untuk mengabadikan nya.


gambar asli jepretan saya

Lalu saya posting di FB dan IG saya, untuk membuktikan ternyata kendaraan ini masih hidup(ada). Lewat komentar salah satu temen sekolah saya di akun FB nya dia berkata bahwa kendaraan tersebut ternyata digunakan oleh fans Koes Plus saat datang di salah satu acaranya Hartono Mall. Jadi bisa dipastikan kendaraan tersebut hidup alias bukan hanya pajangan tapi mesinnya masih waras dan si Kuning itu masih bisa kesana kemari. Walaupun sudah sangat langka hingga susah untuk melihat kendaraan ini melaju seperti dulu di jalanan. Kendaraan ini punya tempat tersendiri di hati para pemakainya atau mereka yang pernah naik kendaraan ini.

Sebagai tambahan ada gambar KO(L)BUTRI dari dekat hasil copas dari mbah Gugel:


gambar hasil copas


No comments:
Write comments

Recommended Posts × +