Pages

Saturday, February 16, 2019

Expo UKM JOGJA Istimewa - PLUT DIY: "MENJADI ENTREPRENEUR ITU KEREN"


ENTREPRENEUR. Sebenarnya apakah itu Entrepreneur? Tidak tahu juga sih, cara membacanya saja agak susah. Tidak tahu itu apa. Namun semua pertanyaan itu terjawab ketika saya masuk SMA. Tepatnya di STM 2 Jetis atau SMK N 3 YK. Entrepreneur atau Wirausahawan adalah orang yang melakukan aktivitas wirausaha yang dicirikan dengan pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun manajemen operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya. (dikutip dari Wikipedia).

Pertama saya kenal Entrepreneurship atau KEWIRAUSAHAAN yang disingkat jadi KWRS disistem pembelajaran kala itu saya tahu berkat bu Yuli Astuti. Beliaulah yang membimbing kami para murid-murid SMK untuk mengenal apa itu Wirausaha dan seorang Wiraswasta. Sebenarnya sedari saya kecil bapak saya menyuruh saya untuk berwirausaha. Karena dari kecil saya lihat di raport pekerjaan bapak saya selalu tertulis wirausaha. Saya tidak tahu itu apa. Dan kalau ada guru bertanya apa pekerjaan ayahmu/orangtuamu ya saya jawab: Wiraswasta. Bertahun-tahun dari SD hingga SMP tidak tahu apa itu. Dan pertanyaan itu mulai terkuak saat menginjak SMA. Saya jadi mulai kenal Dunia Kerja dan Dunia Wirausaha.

Memasuki dunia kerja saya kerja sana sini. Hingga masuk ke sebuah Perusahaan IT di JOGJA yang basisnya ada di negara Perancis. Sekian waktu berlalu. Hingga tidak terasa saya masuk ke dalam sebuah ZONA. Hingga saya teringat Piweling bapak saya. "LE KOWE KI NEK ISA KERJA ORA MELU WONG, KAYA BAPAK IKI USAHA DHEWE". Sekian bulan saya memikirkan suatu hal, karena bapak saya sedari saya kecil tidak mengajarkan saya untuk kerja ikut orang apapun itu. Tak terasa  7 tahun 2 bulan dan akhirnya diwaktu sekian lama itu saya memutuskan untuk Resign.

Keputusan saya untuk keluar bukanlah mengikuti teman-teman saya karyawan lawas yang juga telah lulus mendahului saya. Tapi saya sudah menemukan jawaban pertanyaan-pertanyaan yang ada di kepala saya. Saya telah menemukan JATI DIRI saya. Dan saya sangat kuat berkeinginan untuk mewujudkan kata-kata bapak saya sedari kecil itu. Dan lewat @cah90anyk inilah saya berusaha untuk mengangkat nilai-nilai adat orang dahulu yang terlupakan, mengangkat kembali mainan dan permainan tradisional JAWA ,dan menceritakan kembali tentang JOGJA Tempo Dulu (90an) yang saya kenal, lalu melukiskan masa kecil saya sebagai warga Asli Jogja dengan Cah 90-an YK

Itulah sekilas cerita dari saya tentang Entrepreneur. Menjadi Entrepreneur itu Keren Loh.  Kamu bisa mengelola keuangan sendiri, kamu bisa menarget kamu akan mendapatkan gaji berapa per bulan, kamu bisa belajar banyak hal, kamu dapat banyak kenalan para UMKM lainnya, dan masih banyak lagi kelebihan ketika kamu menjadi seorang Entrepreneur. Yang jelas bagi saya, Saya ingin BERDIKARI dan menjadi Elang yang terbang bebas melanglang buana tidak terikat seperti burung dalam sangkar layaknya karyawan kantoran. "Setinggi apapun pangkat yang dimiliki, anda tetap seorang pegawai. Sekecil apapun usaha yang ada punya anda adalah Bosnya." itulah quotes atau kutipan dari seorang Pengusaha Indonesia yang sudah sangat terkenal, yaitu Om Bob Sadino.

Dan ngomong-ngomong tentang Entrepreneur, Dinas Koperasi UKM DIY menyelenggarakan EXPO UKM ISTIMEWA 2019 di PLUT DIY, Jl. HOS Cokroaminoto No.162, Tegalrejo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55244. Acara berlangsung selama 3 hari dari kamis tanggal 14 Februari hingga Sabtu 16 Februari. Acaranya sangat menarik, banyak stand-stand UKM Jogja yang ada disana, ada juga hiburan musiknya, dan ada Seminar, Workshop, dan juga Talkshow yang bagus untuk meningkatkan skill para UKM di Jogja. Selain itu ada pula lomba yang diadakan disana.





Berikut ini adalah detail acaranya:












Di hari Kamis pukul 09.00-selesai ada Seminar "Menjadi Entrepreneur Itu Asyik" bersama Bank BPD DIY, pukul 10.00-selesai ada Talkshow "Pintar Literasi Keuangan" bersama JURNAL.ID, pukul 13.00-selesai ada Workshop "Foto Produk" bersama Minni Gunawan (Fujigirlssquad).


Di hari Jumatnya pukul 08.30-selesai ada Workshop "Foto Produk Menggunakan Smartphone" bersama Yogie Bowie (Bank Indonesia Photography Partner for SME), pukul 13.00-selesai ada Talkshow "UKM Naik Kelas" bersama UMKMJogja.id, pukul 13.00-selesai Seminar "Pintar Menangkap Peluang Bisnis Repackaging" bersama Dikemas.com dan RPX Logistic.

Dan di hari Sabtunya pukul 10.00-selesai ada Talkshow "Pintar Mengelola Keuangan Untuk UKM" bersama JURNAL.ID, pukul 13.00-selesai ada Workshop "Cara Membuat Content Writting Yang Menjual" oleh Tim GOOGLE Gapura Digital.



Dan acara Expo UKM Istimewa tahun 2019 ini terselenggara dengan Dinas Koperasi UKM DI Yogyakarta dan PLUT-KUMKM DI Yogyakarta.



 Ditulis oleh Hery Subakri. Sabtu 16 Februari 2019.



No comments:
Write comments

Recommended Posts × +