Pages

Friday, January 27, 2017

Lagu Lawas Kenangan Cah 90an Jogja: Lagu "CAH CILIK K#P*T*N" / Dituthuk Nganggo Pipa Ledheng

Gambar hanya ilustrasi saja(copas mbah gugel)
Hai Warga JOGJA, masihkah kalian ingat lagu-lagu khas semasa kalian masih kecil??? Yeap, kali ini saya akan membahas salah satu diantaranya setelah kemarin sempat membahas lagu "NDUT-NDUTAN". Saya juga kurang tahu atau lebih tepatnya lupa apa judulnya, namun sebut saja Lagu Dolanan ini Judulnya itu CAH CILIK KOPETEN atau NDEMOK SILIT KOPETEN atau mungkin dikenal juga dengan "DITUTHUK NGANGGO PIPA LEDHENG", karena awal lagu tersebut liriknya seperti itu, hehehe..., Jorok yah..., ihhh. Saru-saru piye ngono. :p Berikut ini adalah lagunya, cekidot:

1. Versi di daerah saya(Yogya Selatan, bukan mBantul lho ya):

*Cah cilik kopeten.
Ayo ten.
Tendangana ayo na.
Nagasari ayo ri.
Rina wengi ayo ngi.
Ngidul ngetan ayo tan.
Taun baru ayo ru.
Rujak degan ayo gan.
Gandul geyonggggggg...
(ulang dari awal*)

2. Versi lainnya:

Ndemok silitttt... kopeten.
*Ayo ten.
Tendangana ayo na.
Nagasari ayo ri.
Rina wengi ayo ngi.
Ngidul ngetan ayo tan.
Taun baru ayo ru.
Rujak degan ayo gan.
Gandul keyong ayo yong.
Yo nggo ngemis ayo mis.
Mesam mesem ayo sem.
Semar Mendhem ayo ndem.
Ndemok silittttt... kopeten..... 
(ulang dari awal*)

3. Versi Pipo Ledeng:

*Dituthuk nganggo pipa ledheng...
Ayo deng.
Dengkul jaran ayo ran.
Rante sepur ayo pur.
Purwodadi ayo di
Dina kemis ayo mis.
Misam mesem ayo sem.
Semar mendem ayo ndem.
Ndemok siliiitttt.... (ulang dari awal*)

Adapula versi lainnya, namun umumnya yang saya temui di jaman saya sewaktu masih kecil ya yang saya tulis diatas. :)

Begitulah lagu yang biasanya jadi "Poyokan" atau ejekan anak-anak 90an di Jogja untuk mem-bully teman lainnya secara bersama-sama. Ha ha ha... Gayeng tenan pokoke jaman semono nek nyanyi bareng-bareng lagu kui. Ngalahi nonton konser nek kanggoku. Sudah cukup sekian yang bisa saya ceritakan, kalau misal anda warga Jogja tapi tidak tahu lagu ini coba berkaca dan introspeksi diri apakah sudah nJogjani atau belum :D Bisa tanya orang tua, pakdhe, mbokdhe, paklik, bulik ataupun simbahnya yang bener-bener ASLI Jogja jikalau bener-bener tidak tahu. ^_^

No comments:
Write comments

Recommended Posts × +