Pages

Friday, March 17, 2017

MITOS-MITOS JOGJA(JAWA): Mitos 3 - Aja Nglungguhi bantal! Mengko bokonge isa Wudunen.



Pernahkah kalian mendengar Mitos Menduduki bantal nanti bisa Bisulan? Atau mungkin kalau dalam Bahasa Jawa dikenal dengan GUGON TUHON golongan Wasita Sinandi. Dan dengan kata lain dalam Bahasa Jawa "Aja Nglungguhi bantal! Mengko bokonge isa Wudunen". Hal ini bisa jadi hal yang ORA ILOK (hal tidak baik yang menjadi larangan) bagi Orang Jawa dan PAMALI istilah Orang Sunda. Mitos ini sangat kuat di kalangan Orang Jawa, dan mungkin di luar sana Mitos ini juga berlaku.

Tapi apakah MITOS ini benar adanya? Seolah hanya Mitos belaka tapi beberapa orang pernah mengalaminya. Baiklah mari kita bahas lebih lanjut masalah Mitos ini. Sebenarnya belum ada penelitian khusus yang membuktikan Mitos ini, dan sama sekali tidak ada hubungannya dengan hal Supranatural. Dan penjelasan logisnya adalah bantal itu adalah tempat yang menyimpan banyak sekali debu, kotoran dan kulit mati dalam ukuran sangat kecil dan takkan terlihat oleh mata telanjang. Jadi jika kita punya kebiasaan menduduki bantal dengan bokong kita maka jika bokong kita bisulan ada kemungkinan karena bantal itu sangat kotor dan jarang dibersihkan. Jika bantal kotor tersebut dipakai untuk tidur pun juga bisa menimbulkan jerawat di wajah karena bantal-bantal tersebut mengandung banyak kuman.

Ada penjelasan lain mengenai Mitos Bantal ini menurut Orang Jawa, Bantal itu adalah tempatnya untuk di kepala bukan di pantat jadi jadi hal yang tidak ilok bagi kita jika menaruh bantal tersebut untuk pantat kita. Sebenarnya Orang-orang Jawa Jaman Dulu sangat unik, mereka punya cara-cara khusus untuk menasehati anak cucu mereka, salah satunya dengan MITOS ini. Dan kita harus pandai-pandai melihat dari berbagai sisi tentang Mitos-Mitos Jawa yang ada, karena selalu ada makna tersembunyi dibaliknya. Dan pasti ada hal baik kenapa kita tidak boleh untuk melakukannya.

Bonus gambar untuk hiburan :

gambar copas from FP Tuti And Friends

No comments:
Write comments

Recommended Posts × +