Pages

Thursday, March 30, 2017

Acara Musik di JOGJA: GAMELOFT Battle Of The Band #1 2017


Kali ini saya mau bercerita tentang BOTB atau Battle Of The Band nya PT.Gameloft Indonesia atau lebih tepatnya Gameloft Yogyakarta. Singkat cerita, BOTB adalah suatu ajang/lomba untuk unjuk gigi para karyawan Gameloft di bidang Musik, atau istilah gaul e "ben benan" (band-band -an). BOTB ini pertama dimulai tahun 2015, dan sekarang sudah tahun 2017, jadi kira-kira BOTB Gameloft Yogyakarta ini sudah 3 tahun berjalan. Setiap tahun Gameloft Yogyakarta slalu mengadakan BOTB. Dan biasanya per tahun ada beberapa part BOTB. Ada tahap Seleksi, jadi dari sekian banyak Band yang mendaftar di filter untuk di cari top3 nya. Nah nanti top3 itu bakal tampil di Final. Dan penampilan Final nya biasanya di barengkan dengan ultah/anniversarynya Gameloft Indonesia. Di tahap Seleksi ini setiap band memainkan 2 lagu versi mereka, dan di tahap Final mereka memainkan 3 lagu yang harus mereka sajikan dengan penampilan terbaik mereka agar menjadi Sang Juara. Dan biasanya tiap kali diadakan BOTB ini ada tema yang diambil, misal Spesial Kemerdekaan tema nya yang Indonesia banget dan Nasionalis, ada juga tema nge Brit Pop, dan lain lain. Dan di BOTB ini tidak memandang genre band nya harus ini atau itu. Ada yang genre band nya Pop, ada yang nge Jazz, ada yang Punk, ada yang Rock bahkan ada yang METAL, Metal beneran pokoke Metal totalitas lah. Itulah singkat cerita mengenai BOTB nya Gameloft.

Bisa dibilang BOTB kemarin adalah BOTB pertama yang saya lihat secara LIVE atau langsung saya tonton dengan mata kepala saya sendiri. Karena biasanya saya menonton hanya via video rekaman yang di share oleh teman-teman saya, hehehe. Dari 3 tahun diadakannya BOTB yang kemarin di tahun 2017 ini menjadi yang pertama bagi saya :D Bukan karena saya tidak mau nonton tapi entah kenapa jadwal adu band di BOTB selalu bertabrakan dengan banyak acara bagi saya pribadi. Maka yang kemarin saya agak bersyukur masih bisa nonton dan tidak telat, karena band unggulan saya adalah yang tampil pertama :p Walaupun hari itu jadwal agak padat, alhamdulillah saya masih bisa menonton. Karena malam sebelumnya saya kerja sampai jam 1 dini hari(maklum anak malam alias Night Shift), dan pagi sampai sore saya ada acara dengan teman-teman yang 1 team dengan saya bekerja.

BOTB yang ke 1 di tahun 2017 ini diadakan pada hari Sabtu tanggal 18 Maret 2017 pukul 18.00 di KOPI SEDAYA. Sore itu kira-kira pukul 3 setelah acara dengan team saya selesai saya pulang ke rumah, saya sempatkan istirahat walau hanya sekejap. Kira-kira pukul 17.00 saya bangun dan langsung cekat-ceket mandi dan tak lupa menyelesaikan kewajiban. Selesai itu, niatnya mau langsung cuss berangkat. Namun naas, hujan lebat langsung menghadang. Setelah hujan agak reda, kira-kira pukul 18.15 saya langsung ngebut menuju lokasi karena tak ingin ketinggalan melihat band yang saya suka, dan mereka dijadwalkan tampil pertama pukul 18.30. Hampir sampai di lokasi di Ring Road Utara saya langsung nge-wasap teman saya karena waktu sudah menunjukkan pukul 18.45 yang saya kira sudah telat. Namun, untung saja acara belum dimulai. yah, molor sedikit tak apa yang penting saya tak ketinggalan nonton, hehe... :D Sampai di lokasi teman saya dan anaknya sudah menanti. langsung saja kami naik ke lantai 2 tuk nonton acara itu.


Acara pun di mulai, sang MC mulai bercuap-cuap dan memperkenalkan diri, lalu giliran para PIC(Person In Charge) dari JOG dan JO2 yang memperkenalkan diri. kemudian barulah GALMARIUS yang tampil. Yeahhhhh!!! \M/ Karena Blog ini saya fokus kan untuk musik itu spesifik ke ranah Rock dan Metal, maka saya fokuskan tulisan mengenai BOTB ini tentang Galmarius. Galmarius adalah band anak Gameloft Yogyakarta ber genre Power Metal/Heavy Metal yang membernya adalah campuran dari divisi QA (Quality Assurance/Game Tester) dan Dev (Developer) yang aktif dari tahun 2015 hingga sekarang(2017). Mereka beranggotakan:
Ilyas Az-zahri Susianto (Ilyas): Vocal
Pramudya Wisnu Wijaya (Wisnu): Lead Guitar
Gabor Laksamada (Gabor): Drummer
Yogi Yudistira (Yogi): Bassist
Gara Handhito (Gara): Keyboardist

Dan inilah penampilan GALMARIUS:







Karena judul BOTB kali ini adalah "Brand New World", jadi kira-kira tiap band memainkan lagu orang lain lalu mereka mengaransemennya kedalam bentuk versi mereka sendiri. Misal lagu asli bergenre Pop lalu dimainkan oleh band yang bergenre Metal, maka mereka akan memainkannya dalan versi Metalnya. Kira-kira seperti itu lah pokoknya :D Kembali ke Galmarius lagi. Lagu pertama mereka memainkan lagu Careless Whisper miliknya George Michael (ex-WHAM) yang beberapa bulan lalu meninggal dunia (25 Desember 2016) pada umur 53 tahun. Lalu lagu kedua dan sekaligus lagu terakhir, mereka memainkan lagu yang lagi BOOMING beberapa minggu ini, yaitu lagu Chicken Attack yang dinyanyikan oleh Takeo Ischi. Lagu ini sebenarnya adalah part dari video yang sempat viral oleh The Gregory Brothers. Kedua lagu tersebut mereka mainkan dengan versi mereka itu sendiri yaitu Metal Version.

Selain Galmarius adapun band lain yang tampil di BOTB kala itu. Antara lain: ELECTRIC LOVE BUZZER, SORE SENJA, PITIKIH, POKMEN, dan BUBIS. Jadi total ada 6 band yang adu kemampuan di BOTB kemarin. Jika Galmarius itu identik dengan METAL. maka band-band lain pun punya ciri khas mereka masing-masing. Ada yang nge-Pop, ada yang nge-Rock, ada yang nge-Jazz dan ada pula yang nge-Blues. Semua punya gaya dan genre masing-masing yang khas dengan band mereka. Oiya, disitu kita bisa nge-vote band favorit kita. Entah kita itu karyawan Gameloft atau bukan, asal kita ada di situ di waktu BOTB diselenggarakan, kita bisa nge vote alias kita-kita ini lah yang jadi juri selain ada 3 juri utama yang menilai performa mereka. Tak perlu ditanya ya saya bakal memilih siapa? Karena jawabannya sudah jelas \M/ Kira-kira pukul 11 malam, BUBIS menutup acara dengan 2 lagu mereka. Dan selesai lah acara BOTB yang pertama tahun 2017. Karena badan sudah capek dan pagi hari saya harus cuss ke Temanggung untuk menghadiri acara kopdar komunitas musik KMRMI, saya bergegas pamitan ke teman-teman lalu pulang kerumah. See you for the next BATTLE! \M/

No comments:
Write comments

Recommended Posts × +