Pages

Sunday, January 8, 2017

Mainan Jadul Anak 90an "PLEK": Godhong Kleresede.

Gambar  Kleresede ini asli jepretan saya.

Masih ingat dengan yang satu ini? Yup, inilah Kleresede atau Leresede (orang JOGJA menyebutnya). Banyak nama lain dari tanaman ini. Gamal adalah nama Indonesia nya. Sedangkan nama ilmiahnya adalah Gliricidia Sepium (Gliricidia SP). Dan nama lainnya adalah Kerside, Gliriside, Sliridia, Liriksidia, Sirida , Cebreng , Kh’è: no:yz, Kh’è: Fàlangx , Bunga Jepun , Kakawate , Madre De Cacao , Mata Raton , Gliricidia, Nicaraguan Coffee Shade (berdasarkan Wikipedia). Tanaman ini adalah tanaman jenis Perdu. Tanaman ini kebanyakan digunakan sebagai PAGAR HIDUP.


Dulu, tanaman ini adalah tanaman yang dicari-cari oleh anak 90an. Untuk apa? Untuk mainan, mainan agak kurang kerjaan lebih tepatnya, hahaha... Cara bermainnya dengan di taruh di kepalan tangan lalu ditabok, dan maka akan menghasilkan suara "mak ceplok" atau mak ceplik tergantung keras lembutnya suaranya, hehehe :p Dulu di tempatku(wilayah Jogja KOTA/Kotamadya bagian selatan) banyak ditemui tanaman ini , namun sekarang semua telah sirna...

Selain untuk mainan bocah era 90an, tanaman ini punya banyak manfaatnya loh. Berikut ini adalah  macam-macam kegunaan tanaman Kleresede:
1. Sebagai Pagar Hidup (Tanaman Pagar/Pagar Alami).
2. Sebagai Pakan Ternak (Sapi ataupun Kambing).
3. Sebagai Pelindung tanaman Perkebunan (Kopi, Teh, Coklat/Kakao). 
4. Sebagai tanaman Penghijauan.
5. Membasmi Alang-Alang
6. Kayunya bisa untuk Kayu Bakar.
7. Sebagai Penyangga tanaman lain.


Dan masih banyak lagi kegunaan tanaman ini, namun sekiranya yang diatas itulah yang menjadi fungsi tanaman Gamal pada umumnya. Di wilayah perkotaan seperti tempat tinggal saya tanaman ini sudah sangat Langka atau malah bisa dikatakan Punah. Namun, untuk wilayah daerah (m)Bantul terutama daerah selatan dan Sleman terutama daerah utara, tanaman ini masih banyak dijumpai. Seperti gambar yang ada paling atas tersebut adalah Kleresede yang saya temukan saat saya Memancing di Pemancingan di daerah Sleman.




Gambar Kleresede sebagai Pagar Hidup (gambar copas)



No comments:
Write comments

Recommended Posts × +